Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kecamatan Windusari Berlangsung Khidmat 

    Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kecamatan Windusari Berlangsung Khidmat 
    Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila berlangsung khidmat

    MAGELANG - Pemerintah Kecamatan Windusari menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Halaman Kantor Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Minggu pagi (01/10/2023).

    Upacara dihadiri oleh Forkompimcam Windusari dan seluruh instansi yang ada di wilayah serta Kades dan Sekdes se-Kecamatan dan anggota Koramil 04/ Windusari dan Polsek setempat. 

    Jalannya upacara diawali dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang bangsa yang telah gugur dilanjutkan pembacaan naskah Pancasila oleh Camat Windusari Drs Titok Listianto, M.M selaku Inspektur Upacara.

    Selesai kegiatan, Camat mengatakan, meskipun hari libur namun upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tetap berjalan dengan lancar dan penuh khidmat. 

    "Kita sebagai generasi wajib tau dan harus bangga dengan para pejuang yang telah mengorbankan jiwa raganya demi mewujudkan kemerdekaan dan idiologi-idiologi kebangsaan, " ucapnya.

    Sementara itu, Danramil melalui Ba Tuud Koramil 04/Windusari Kodim 0705/Magelang Serma Suripto  menuturkan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dilakukan untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa yaitu Pancasila.

    “Termasuk penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September atau lebih dikenal dengan sebutan G30S/PKI, ” tambahnya.

    Menurutnya, Pancasila memiliki makna sebagai pedoman dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan yang meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya. 

    "Untuk diketahui, sebelumnya pemerintah telah menginstruksikan untuk memasang bendera merah putih setengah tiang pada tanggal 30 September dan menaikkannya menjadi satu tiang pada tanggal 1 Oktober dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, " pungkasnya.


    Pen0705/R04

    Rony

    Rony

    Artikel Sebelumnya

    Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Puluhan Siswa...

    Artikel Berikutnya

    Kecamatan Grabag Gelar Upacara Hari Kesaktian...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Sejumlah Tokoh Agama Sawangan Magelang Dukung Ahmad Luthfi Jadi Gubernur Jawa Tengah
    Dinilai Paham Kondisi Wilayah, Komunitas Bola Tangan Mungkid Magelang Dukung Irjen Pol Ahmad Luthfi Maju Cagub Jateng 
    Wujudkan Ketahanan Pangan Wilayah, Koptu Kumiyu Terus Memberi Motivasi Para Petani Binaan Dalam Setiap Kegiatan Komsosnya
    Letkol Wira Lakukan Pengecekan Kesiapan Panen Jagung di Modo
    Kedatangan Personel Satgas Yonif 115/ML Membawa Kebahagiaan Bagi Masyarakat Kulok Enggame

    Ikuti Kami