Silaturahmi 6 Pilar Di Ngluwar Pastikan Pemilu Aman

    Silaturahmi 6 Pilar Di Ngluwar Pastikan Pemilu Aman
    Silaturahmi 6 Pilar di Kecamatan Ngluwar

    MAGELANG - Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto S.H., M.Si., mengikuti kegiatan silaturahmi 6 pilar di Balai Desa Somokaton, Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang, Kamis (14/09).

    Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono S.I.K., S.H., M.H, Dandim Magelang Letkol Inf Jarot Susanto S.H., M.Si., Danramil Ngluwar Kapten Inf Bambang Nasrukin, Kapolsek Ngluwar Iptu M. Honi, PLH KPU Kabupaten Magelang Ahmad Rofiq, Kepala Kesbangpol Kabupaten Magelang Taufiq dan perangkat desa se Kecamatan Ngluwar serta Bawaslu Kabupaten Magelang.

    Dalam sambutannya Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono menyampaikan tentang pentingnya sinergi dalam melaksanakan pengamanan Pemilu. Dengan melibatkan semua elmen masyarakat termasuk para tokoh masyarakat diharapkan Pemilu nanti bisa berjalan aman dan kondusif.

    "Dengan sosialisasi dan silaturahmi 6 pilar yang kita adakan hari ini kita bersepakat dan mempunyai komitmen untuk mensukseskan gelaran Pemilu Tahun 2024, " pungkasnya.

    Sementara itu Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Jarot Susanta dalam kesempatan yang sama menyampaikan tentang netralitas TNI dalam gelaran Pemilu nantinya Kodim Magelang siap mendukung dalam pengamanan pesta demokrasi 5 tahunan tersebut.

    Dalam undang-undang telah mengatur bahwasanya TNI tidak mempunyai hak memilih dan hak dipilih serta tidak terlibat dalam politik praktis. Bagi mereka yang ingin ikut dalam kancah Pemilu sudah ada aturannya yaitu dengan mengundurkan diri ataupun pensiun. Menurut Dandim, implementasi netralitas TNI pada Pemilu atau Pilkada diantaranya TNI itu tidak memihak atau tidak memberikan dukungan kepada Parpol ataupun Paslon.

    TNI juga tidak boleh memberikan fasilitas tempat, sarana TNI sebagai sarana Kampanye, tidak memberikan arahan kepada keluarga prajurit atau PNS TNI terkait Pemilu. Keluarga TNI memiliki hak pilih dan mereka bebas untuk memilih sesuai dengan keinginannya masing-masing. TNI juga tidak memberikan tanggapan terhadap hasil quick count dalam bentuk apapun, memberikan komentar apapun hasilnya.

    "Tolong bila ada indikasi anggota TNI yang tidak netral sampaikan atau laporkan ke kami sehingga kami bisa mengambil tindakan terhadap anggota tersebut, " tegasnya.

    Mengahiri sambutannya Dandim berpesan kepada seluruh anggota TNI agar tidak berfoto atau selfie dengan menggunakan simbol jari karena bisa di putar balikkan sebagai bentuk dukungan kepada salah satu pasangan calon.

    Ditempat yang sama Ka Kesbangpol Kabupaten Magelang M Taufiq mengatakan bahwa pihaknya bersama sama dengan Bawaslu dan KPU telah memberikan edukasi dan wawasan tentang pelaksanakan pesta demokrasi kepada masyarakat dan juga kalangan pelajar.

    "Kita harapkan mereka dapat berpartisipasi aktif, para pelajar yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih pemula agar berpartisipasi mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak 2024, dan alhamdulillah mereka sangat antusias, " pungkasnya.

    Rony

    Rony

    Artikel Sebelumnya

    Beginilah Kisah Komsos Babinsa Koramil 08/Pakis...

    Artikel Berikutnya

    Dandim Hadiri Pembukaan Magelang Internasional...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Permendag RI No. 8 Tahun 2024 Tentang Perubahan Ketiga Atas Permendag No. 36 Tahun 2023 Tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor
    Kodim 1710/Mimika Bersama Pemda Mimika Dan Kelompok Tani Binaan Buka Lahan Persawahan Guna Mensukseskan Program Pompanisasi
    Semangat Gotong Royong, Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Bersama Warga Kerja Bakti Bangun Sekolah Taman Kanak-Kanak
    Kasdim 0705/ Magelang Resmikan Karya Bakti di Grabag
    Karya Bakti Kodim Magelang, Wujudkan Percepatan Pembangunan di Pedesaan

    Ikuti Kami