Hari Pahlawan, Danramil Muntilan Jadi Irup di SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring

    Hari Pahlawan, Danramil Muntilan Jadi Irup di SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring
    Danramil 14/Muntilan Kapten Inf Sunarto saat menjadi Irup di SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring

    MAGELANG - Kapten Inf Sunarto selaku Danramil 14/Muntilan menjadi Inspektur Upacara dalam upacara peringatan Hari Pahlawan di SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Jum'at (10/11/2023).

    Dalam sambutannya, Kapten Sunarto menyampaikan, Hari  Pahlawan ke-78 kali ini diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

    Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

    "Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara, " sambungnya.

    Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan.

    Lebih lanjut Danramil menuturkan, pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

    Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora.

    "Untuk itu kita patut bersyukur karena saat ini semangat untuk memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri, " ucap Kapten Sunarto.

    Diakhir sambutannya Danramil menekankan kepada para siswa agar selalu meningkatkan keimanan dan  ketaqwaan kepada Tuhan YME, meningkatkan semangat belajar untuk mengukir prestasi dan meraih cita-cita dan jangan melakukan hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri.

    "Selain itu patuhilah guru dan orang tua dan mari bersama-sama hentikan bullying di lingkungan sekolah. Selamat belajar dan semoga semua bisa sukses dan berhasil, " tandasnya.


    Pen0705/R14

    Rony

    Rony

    Artikel Sebelumnya

    Pangdam IV/Diponegoro Dampingi Menhan RI...

    Artikel Berikutnya

    Jaga Kebugaran, Kodim Magelang Rutin Selenggarakan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Saiful Chaniago: Perguruan Tinggi Harus Digratiskan
    Panglima TNI Bagikan Ribuan Paket Sembako di Tanjungpinang
    Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Mercubuana Instal Panel Energi Surya sebagai Charging Spot di RPTRA Menara
    848 Calon Taruna Akademi TNI Panda Jaya Laksanakan Tes Jasmani
    Waasrenum Panglima TNI Buka Rakor Litbang TNI Tahun 2024

    Ikuti Kami