Forkopimda Kota Magelang Hadiri Penyambutan Bhante Peserta Thudong

    Forkopimda Kota Magelang Hadiri Penyambutan Bhante Peserta Thudong
    Forkopimda Kota Magelang menyambut para Bhikkhu yang melaksanakan Thudong dari Thailand

    MAGELANG - Forkopimda Kota Magelang menghadiri penyambutan Bhikkhu/Bhante peserta Thudong bertempat di Klenteng Liong Hok Bio Jl. Pemuda, Kelurahan Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Selasa (30/05/2023).

    Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Magelang Dr. H. Muchamad Nur Aziz, Sp.PD, K-GH, FINASIM, Wakil Walikota K.H. Drs. M. Mansyur, M.Ag, Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto, SH., M.Si, Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, S.I.K., M.M, Wakil ketua DPRD Ibu Dian Mega Ariyani.

    Hadir pula Kepala Kesbangpol Kota Magelang Drs. Agus Satiyo Haryadi, M.Si, Kepala Kemenag Drs. H. Sofia Nur M.Pd, Ketua PCNU Ky. Ahmad Rifai, anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Magelang, Para Bhikkhu dan Pemuka Agama Budha.

    Dalam sambutannya, Walikota Nur Azis mengucapkan selamat datang di Kota Magelang kepada rombongan Bhikkhu yang telah melaksanakan perjalanan Thudong sejak 23 Maret 2023 dari provinsi Nakhon Si Thammarat, Thailand menuju Candi Borobudur.

    "Alhamdulillah, dari hampir 3000 kilometer yang harus ditempuh kini tinggal belasan kilometer lagi menuju candi Borobudur. Tentunya kami turut bersyukur, bahwa setelah 68 hari melaksanakan perjalanan panjang melintasi 4 negara, para Bhikkhu dapat tiba dalam keadaan sehat wal'afiat, " ujarnya.

    Lebih lanjut, Walikota yang turut menyimak perjalanan para Bhikkhu dari berbagai media massa tersebut merasa tersentuh, bahwasannya di setiap persinggahan masyarakat menyambut antusias kehadiran para Bhikkhu.

    Kehangatan ini merupakan refleksi indahnya toleransi antar umat beragama di Indonesia. Sebuah pelajaran berharga bagi kita semua untuk benar-benar membumikan semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika.

    Nur Azis juga berharap para Bhikkhu dapat merasakan hangatnya persaudaraan dari umat beragama di Kota Magelang dan para Bhikkhu dapat beristirahat untuk memulihkan diri sebelum menuntaskan perjalanan Thudong.

    "Tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada tempat ibadah Tri Dharma Liong Hok Bio sebagai tuan rumah, juga seluruh umat beragama di Kota Magelang yang telah menunjukkan jati diri sebagai warga masyarakat yang menjunjung tinggi toleransi, " ucapnya.

    Ditemui selesai kegiatan, Dandim 0705/Magelang Letkol Jarot Susanto mengungkapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, kita dapat bersama - sama menyambut para Bhikkhu yang pada hari ini singgah di Klenteng Liong Hok Bio, dalam perjalanan Thudong dari Thailand menuju Candi Borobudur.

    Tentunya sebuah kebahagiaan bagi Kota Magelang menjadi salah satu persinggahan 34 Bhikkhu yang tengah melaksanakan perjalanan Thudong ini. Terlihat masyarakat Magelang juga sangat antusias menyaksikan penyambutan para Bhikkhu.

    "Mari terus kita jaga dan kita tumbuhkan kebersamaan dan toleransi ini, sehingga akan meminimalisir terjadinya konflik antar umat beragama, dan kehidupan antar umat beragama pun akan terjalin dengan tentram dan damai, " tandasnya.


    Pen0705/Mgl

    Rony

    Rony

    Artikel Sebelumnya

    Kasdam IV/Dip Mewakili Pangdam IV/Dip Hadiri...

    Artikel Berikutnya

    Jalin Sinergi Danramil Tempuran Hadiri Rapat...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Permendag RI No. 8 Tahun 2024 Tentang Perubahan Ketiga Atas Permendag No. 36 Tahun 2023 Tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor
    Kodim 1710/Mimika Bersama Pemda Mimika Dan Kelompok Tani Binaan Buka Lahan Persawahan Guna Mensukseskan Program Pompanisasi
    Semangat Gotong Royong, Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Bersama Warga Kerja Bakti Bangun Sekolah Taman Kanak-Kanak
    Kasdim 0705/ Magelang Resmikan Karya Bakti di Grabag
    Karya Bakti Kodim Magelang, Wujudkan Percepatan Pembangunan di Pedesaan

    Ikuti Kami