Forkopimda Kota Magelang Hadiri Pembukaan Kejurnas Pencak Silat

    Forkopimda Kota Magelang Hadiri Pembukaan Kejurnas Pencak Silat
    Peragaan pembukaan Kejurnas Pencak Silat Magelang Championship II di GOR Samapta Sport Center

    MAGELANG - Kejuaraan Nasional Pencak Silat "Magelang Championship ll" digelar di Gor Samapta Sport Center, Jln. Tentara Genie, Sanden, Kelurahan Kramat Selatan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang. Jumat (02/06/2023).

    Hadir dalam pembukaan Kejurnas Walikota Magelang Dr. H. Muchamad Nur Aziz, Sp.PD, K-GH, FINASIM, Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, S.I.K., M.M., Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto, SH., M.Si, Ketua Koni Ali Sungkar, Ketua IPSI Ir. Sutrisno.

    Hadir pula Wakapolres Kompol Budiyuwono Fajar Wisnugroho, S.I.P., M.H, Pabung Kodim 0705/Magelang Mayor Czi Soeharto, pejabat Kabag dan PJU Polres Magelang Kota, para pendamping dan peserta lomba.

    Dalam sambutannya Nur Azis menyampaikan, pemerintah Kota Magelang turut gembira atas diselenggarakannya kejuaraan pencak silat yang dilaksanakan untuk memeriahkan peringatan hari Bhayangkara ke-77.

    Menurutnya kegiatan ini merupakan wadah untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan generasi muda dalam cabang olahraga pencak silat dan sebagai ajang untuk tolok ukur kemampuan.

    "Kita juga patut berbangga bahwa pencak silat sebagai bela diri asli bangsa indonesia, telah terdaftar dalam representative list of the intangible cultural heritage of humanity atau representatif warisan budaya tak benda Unesco, " tutur Walikota Magelang tersebut.

    Sementara itu, Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda mengungkapkan, kejuaraan pencak silat Magelang Championship ke ll tahun 2023 dalam rangka hari Bhayangkara ke-77 tingkat nasional ini diikuti pra usia dini, SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa/dewasa.

    "Kejuaraan ini dilaksanakan selama 3 hari, tanggal 2 sampai dengan 4 Juni dan diikuti 1483 peserta dari 173 kontingen, " imbuhnya.

    Setiap 1 tahun sekali tournament pencak silat tingkat nasional dilaksanakan. Olahraga pencak silat menjadi salah satu alat pemersatu nusantara, bahkan mampu mengharumkan nama bangsa dan sebagai indentitas bangsa.

    "Pencak silat merupakan warisan kepribadian budaya bangsa. Saat ini pencak silat bukan saja dipelajari oleh bangsa indonesia saja, tetapi sudah sampai ke belahan bumi lain seperti dataran eropa, " ujarnya.

    Ditemui selesai kegiatan, Letkol Inf Jarot Susanto selaku Dandim 0705/Magelang mengatakan, kejuaraan ini merupakan ajang untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan olah raga pencak silat.

    "Harapannya akan hadir bibit-bibit baru, sehingga ke depan bisa berprestasi dan mengharumkan nama bangsa Indonesia, " pungkasnya.

    Kegiatan dilanjutkan dengan pertandingan kejuaraan nasional pencak silat Magelang Championship ll.


    Pen0705/Mgl

    Rony

    Rony

    Artikel Sebelumnya

    Anggota Kodim 0705/ Magelang Melaksanakan...

    Artikel Berikutnya

    Ribuan Peserta Ramaikan Sepeda Sehat 2023

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Yakin Sanggup Pimpin Jawa Tengah, Paguyuban Karyawan Pabrik Playwood Grabag Dukung Irjen Pol Ahmad Lutfi Maju Gubernur 
    Sejumlah Tokoh Agama Sawangan Magelang Dukung Ahmad Luthfi Jadi Gubernur Jawa Tengah
    Dinilai Paham Kondisi Wilayah, Komunitas Bola Tangan Mungkid Magelang Dukung Irjen Pol Ahmad Luthfi Maju Cagub Jateng 
    Wujudkan Ketahanan Pangan Wilayah, Koptu Kumiyu Terus Memberi Motivasi Para Petani Binaan Dalam Setiap Kegiatan Komsosnya
    Letkol Wira Lakukan Pengecekan Kesiapan Panen Jagung di Modo

    Ikuti Kami