Personil Koramil 07/ Ngablak Bersama BPBD dan Relawan Bergerak Cepat Padamkan Kebakaran Hutan

    Personil Koramil 07/ Ngablak Bersama BPBD dan Relawan Bergerak Cepat Padamkan Kebakaran Hutan
    Tim Gabungan Dari TNI - Polri, BPBD dan Unsur Relawan Terkait Saat Memadamkan Api Kebakaran Hutan dan Lahan di Kawasan Gunung Andong

    MAGELANG - Sejumlah tim gabungan dari berbagai kalangan baik TNI, Polri, BPBD, MPA Bolo Geni dan masyarakat dikerahkan untuk melakukan penanganan kebakaran  hutan dan lahan yang terjadi di petak 27A-1 serta 27A-3 RPH Pagergunung BKPH Ambarawa KPH Kedu Utara yang merupakan wilayah administratif Pemerintah Desa Jogoyasan Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang, Rabu (08/11).

    Dari informasi warga masyarakat sekitar lokasi yang tidak lain Masyarakat Peduli Api( MPA) Jogo Geni Desa Jogoyasan bapak Imam (35) merupakan perangkat Desa melihat kobaran api di kawasan Gunung Andong di petak 27A-1 Dusun Temu Desa Jogoyasan, bersama anggota Koramil 07/ Ngablak, anggota Perhutani, BPBD dan relawan langsung naik ke lokasi kebakaran hutan dan lahan guna melaksanakan penanganan kebakaran.

    Danramil 07/ Ngablak Kapten Inf Supriyatno didampingi anggotanya, personil Polsek dan dibantu relawan terkait memadamkan sumber api serta membuat ilaran sekat bakar.

    Dalam keteranganya Danramil Ngablak Kapten Inf Supriyatno menyampaikan, akibat kebakaran hutan dan lahan disebabkan oleh gesekan ranting pohon yang kering pada musim kemarau yang cukup panjang, sehingga menyebabkan kepulan asap mengakibatkan terjadinya percikan api hingga membakar lahan seluas 2, 5 Ha di titik petak 27A-1 hingga lokasi petak 27A-3. Kendala utama untuk pemadaman dilapangan adalah terbatasnya sumber air, lokasi api sulit dijangkau dan hembuskan angin yang cukup kencang. Upaya pemadaman kita lakukan dengan sekuat tenaga dengan menggunakan peralatan yang terbatas.

    " Alhamdulillah berkat kerjasama tim gabungan dan semua unsur dibantu oleh warga masyarakat sekitar Dusun Temu, sumber api dapat dipadamkan dengan aman dan dipastikan kepulan asap yang masih menyala kami yakinkan sudah padam, " terang Danramil.

    Imam( 35) selaku perangkat Desa menyampaikan terima kasih kepada seluruh unsur pemerintah dan relawan, kami mewakili warga masyarakat Temu Desa Jogoyasan bersyukur karena kehadiran bapak Koramil, Polsek, BPBD maupun relawan dapat memutus arah api dari kawasan hutan Gunung Andong, " ungkapnya.

    " Mudah - mudahan dengan gerak cepat bapak - bapak dari Koramil maupun Polsek Ngablak serta relawan, dalam penanganan kebakaran hutan sore ini akan menjadi bentuk kepedulian terhadap lingkungan hutan dan lahan di kawasan Gunung Andong akan terus terjaga kelestariannya, " tutup Imam.

    Pen:0705/ Mgl.

    Rony

    Rony

    Artikel Sebelumnya

    Seluruh Babinsa Koramil 08/ Pakis Terima...

    Artikel Berikutnya

    Pangdam IV/Diponegoro Dampingi Menhan RI...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Akumulasi Kekecewaan Mahasiswa: Protes Kenaikan UKT dan Kualitas Pendidikan di PTN
    UKT Melejit, Mahasiswa Menjerit, Capaian Generasi Emas 2024 Sulit 
    Reformasi Birokrasi Ujung Tombak Terciptanya World Class Bureaucracy
    Puncak Peringatan HUT Kodam XVII/Cenderawasih Ke-61 Tahun 2024, Kodim 1710/Mimika Gelar Acara Syukuran
    Pasiter Kodim Lamongan Sambut Tim Pengawasan Ketahanan Pangan

    Ikuti Kami