Cegah Konflik Sosial, Kodim 0705/ Magelang Selenggarakan Binkom

    Cegah Konflik Sosial, Kodim 0705/ Magelang Selenggarakan Binkom
    Kolonel Inf Agung Sukoco ,M.Si Saat Memberikan Pembekalan Kepada Peserta Binkom Tahun 2023 di Gedung Prajurit Kodim Magelang

    MAGELANG - Staf Intel Kodim 0705/Magelang menggelar kegiatan forum diskusi Pembinaan Komunikasi (Binkom) cegah konflik sosial dengan tema "Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial Di Wilayah Kodim 0705/Magelang"  bertempat di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang, diikuti lk 150 orang, Kamis (09/03).

    Sambutan Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto SH, M.Si yang dibacakan PJ Kasdim 0705/Magelang Mayor Inf Yakobus Totok Kartono dalam kesempatan tersebut mengajak kepada seluruh peserta untuk senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena masih diberikan kekuatan dan kesehatan, sehingga dapat hadir pada kegiatan Binkom Cegah Konflik Sosial di wilayah Magelang, dengan penuh kebersamaan serta dilandasi semangat Pancasila.

    Dandim juga mengucapkan terimakasih kepada yang hadir memenuhi undangan sehingga acara kegiatan Binkom Konflik Sosial di wilayah Magelang dapat berjalan lancar dan tertib. Kegiatan Binkom merupakan upaya mencegah konflik NKRI, menjadi ruang bicara guna memelihara kebersamaan dalam menghadapi permasalahan sosial yang kerap terjadi akibat perbedaan di masyarakat.

    "Mari kita bersatu mencegah terjadinya konflik sosial, kami akan berupaya mendeteksi dan mencegah secara dini kemungkinan adanya potensi konflik di masyarakat. Biasanya hal ini terjadi karena adanya perbedaan cara pandang atau ditunggangi oleh kepentingan pihak lain, " terangnya.

    Menurutnya, konflik yang terjadi di masyarakat bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab masyarakat bersama. Sehingga kita harus bisa menyelesaikan konflik jika sewaktu-waktu terjadi di masyarakat. Dalam menghadapi konflik sosial diperlukan langkah-langkah cerdas dan bijaksana dari seluruh pihak.

    "Mari kita besama-sama untuk selalu menjaga kondusifitas di wilayah Magelang, karena kalau hanya Kodim saja tidak akan bisa menjaga kondusifitas wilayah ini tanpa peran aktif dari tokoh-tokoh masyarakat di wilayah Magelang, " pungkasnya.

    Semenrara itu Asintel KASAD melalui Kolonel Inf Agung Sukoco M.Si, menyampaikan terima kasih kepada Dandim 0705/Magelang beserta jajarannya, para Narasumber yang telah meluangkan waktu untuk memberikan pembekalan kepada para peserta dalam kegiatan Binkom cegah konflik sosial di wilayah Kodim 0705/Magelang.

    Berbagai gejolak yang membahayakan keamanan nasional, mulai dari pemberontakan, separatisme, terorisme, kerusuhan hingga terjadi konflik sosial menjadi pengalaman buruk yang mengakibatkan terganggunya stabilitas keamanan nasional.

    Transisi demokrasi dalam tatanan dunia yang semakin terbuka mengakibatkan makin cepatnya dinamika sosial, termasuk faktor intervensi asing, Kondisi tersebut menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara yang rawan konflik, baik konflik yang bersifat vertikal maupun horizontal.

    Konflik tersebut terbukti telah mengakibatkan hilangnya rasa aman, timbulnya rasa takut masyarakat, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, korban jiwa dan trauma psikologis seperti dendam, benci dan antipati, sehingga menghambat terwujudnya kesejahteraan umum. Upaya untuk mencegah terjadinya konflik sosial merupakan langkah strategis yang perlu dilakukan pemerintah agar konflik sosial tidak semakin meluas, sehingga stabilitas keamanan yang kondusif tetap terjaga

    Menyambut Tahun Pemilu saya berharap masyarakat antusias dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024. Sinergitas juga perlu dibangun secara lebih luas antara Pemerintah dengan Stakholder lainnya dalam upaya mencapai hasil Pilkada yang berkualitas dan berintegritas.

    Mengahiri sambutanya Asintel Kasat mengajak seluruh peserta forum diskusi Binkom untuk bersama-sama mencegah konflik, memelihara kondisi damai dalam masyarakat dan mengembangkan sistem penyelesaian perselisihan secara damai, segala permasalahan sekecil apapun sebagai aparat kewilayahan harus mampu menjadi solusi ditengah tengah masyarakat.

    Pen: 0705/ MGL.

    Rony

    Rony

    Artikel Sebelumnya

    Bersama Warga Pringapus, Anggota Koramil...

    Artikel Berikutnya

    Pererat Jalinan Sinergitas, Pendim Magelang...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Satgas Yonif 115/ML Konsisten Bantu Jaga Kesehatan Masyarakat Kampung Tirineri dengan Beri Pengobatan Gratis
    Special Response Team Bakamla RI Jalani Latihan Tahap 1
    Kapolda Jateng Dapat Dukungan Lagi untuk Maju Pilkada 2024
    Paguyuban Pembudidaya Anggrek Kecamatan Tempuran Dukung Irjen Pol Ahmad Luthfi di Pilgub Jawa Tengah 2024
    Kepala Desa Polengan Kecamatan Srumbung Magelang Pimpin Dukungan untuk Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng

    Ikuti Kami