Apel Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Kembali Digelar di Jurang Jero

    Apel Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Kembali Digelar di Jurang Jero
    Dandim 0705/ Magelang Letkol Inf Jarot Susanto SH.,M.Si Saat Menghadiri Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Jurang Jero Kecamatan Srumbung

    MAGELANG - Kodim 0705/Magelang mengikuti apel gelar pasukan Satgas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang dilaksanakan di TNGM Jurang Jero Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang, Kamis (24/08).

    Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono S.I.K, S.H, M.M, Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot  Susanto, S.H., M.Si, Asisten 1 Kabupaten Bambang Hermanto S.STP, PJU jajaran Polresta Magelang, Slamet Rohadi Kepala cabang dinas kehutanan Prov Jateng wilayah IX, Kepala BPBD Edy Wasono, S.H , Kepala Satpol PP dan PK Labaika Nugroho SSTP , MM, Kepala Balai TNG Merapi Muhammad Wahyudi.

    Dalam sambutannya Kapolresta Magelang menyampaikan bahwa apel  gelar Satgas dilaksanakan dalam rangka mendukung perlindungan dan keamanan kawasan hutan, khususnya menghadapi musim kemarau yang berpotensi terjadi kebakaran hutan.

    Menurut pantauannya bulan Agustus 2023 ini telah terjadi 2 kasus kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Polresta Magelang yaitu di puncak gunung Andong pada tanggal 10 Agustus 2023 dan gunung Gede bukit Menoreh pada tanggal 13 Agustus 2023.

    Kebakaran hutan dan lahan menyebabkan beberapa dampak negatif yang luar biasa, seperti kerusakan ekologis, turunnya keanekaragaman hayati, perubahan iklim serta menimbulkan asap yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat dan mengganggu aktivitas transportasi.

    Menyikapi hal tersebut kita harus selalu siap dan berupaya mengantisipasi berbagai kemungkinan sedini mungkin, sehingga peristiwa kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi di wilayah Kabupaten Magelang, " pungkasnya.

    Sementara Dandim Magelang dalam sambutanya berharap dengan adanya Apel gelar Satgas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dapat meningkatkan sinergi antar instansi dalam penanganan bencana kebakaran hutan. Sehingga bisa mengatasi dengan cepat, tepat dan tuntas.

    Selain meningkatkan kesiap siagaan penanggulangan bencana, perlu langkah-langkah antisipatif seperti memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan demi kelangsungan kelestarian hutan dan alam kita.

    "Kepada masyarakat saya menghimbau agar menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kebakaran hutan, seperti membuka lahan dengan cara membakar ataupun hal kecil seperti membuang puntung rokok yang dapat memicu terjadinya kebakaran yang luas, " imbuh Dandim.

    Sambutan Bupati Magelang yang di bacakan oleh Asisten 1 Pemerintahan dan kesejahteraan memberikan apresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Polresta Magelang yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. semoga apel satgas ini, bisa lebih meningkatkan koordinasi dan sinergitas kita dalam upaya
    penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Magelang.

    Melalui apel siaga ini, kami berharap seluruh instansi terkait terus membangun upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, lakukan kerjasama dan keterlibatan seluruh elemen. Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan ini, dapat bekerja lebih optimal, efektif, serta mampu memberikan edukasi kepada masyarakat.

    "Kepada aparat pemerintah maupun tokoh masyarakat serta relawan yang bertugas atau tinggal di kawasan rawan bencana kebakaran, agar terus membekali diri sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, serta giat berlatih secara rutin dan terencana, sehingga bisa menjadi ujung tombak dalam penanganan kebakaran hutan, " pungkasnya.

    Pen: 0705/Mgl.

    Rony

    Rony

    Artikel Sebelumnya

    Koramil 18/Ngluwar Turut Sukseskan Acara...

    Artikel Berikutnya

    Dandim 0705/ Magelang Hadiri Haul Syekh...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Akumulasi Kekecewaan Mahasiswa: Protes Kenaikan UKT dan Kualitas Pendidikan di PTN
    UKT Melejit, Mahasiswa Menjerit, Capaian Generasi Emas 2024 Sulit 
    Reformasi Birokrasi Ujung Tombak Terciptanya World Class Bureaucracy
    Puncak Peringatan HUT Kodam XVII/Cenderawasih Ke-61 Tahun 2024, Kodim 1710/Mimika Gelar Acara Syukuran
    Pasiter Kodim Lamongan Sambut Tim Pengawasan Ketahanan Pangan

    Ikuti Kami